Nomor Telepon Penting & Bus Pariwisata Suryaputra

GambarPenjelasan

Nomor telepon darurat adalah satu atau beberapa nomor telepon yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat oleh masyarakat umum untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak seperti polisi, pemadam kebakaran dan pertolongan medis atau pengangkutan (evakuasi) ke rumah sakit. Di banyak negara hanya ada 1 nomor telepon darurat sehingga mudah diingat. Nomor darurat tunggal ini disebut nomor telepon darurat universal atau nomor telepon jasa-jasa penanganan keadaan darurat. Dengan nomor telepon darurat tunggal ini, masyarakat umum yang memerlukan bisa meminta bantuan dari jasa-jasa penanganan keadaan darurat setempat.

Nomor telepon darurat bisa berbeda-beda dari satu negara ke negara lainnya. Ada nomor telepon darurat yang sama di semua negara lewat telepon satelit global. Biasanya nomor telepon darurat terdiri dari 3 nomor yang bisa diingat dengan mudah dan bisa dihubungi dengan cepat. Di beberapa negara terdapat nomor telepon darurat yang berbeda-beda untuk setiap jasa penanganan keadaan darurat. Biasanya nomor-nomor telepon darurat ini mirip satu dengan lainnya dan hanya berbeda pada digit terakhir saja.

Pemakaian

Nomor telepon darurat biasanya hanya dipakai pada saat keadaan darurat yang mendesak saja. Jika terjadi suatu bencana alam, maka nomor darurat hanya boleh dipakai pada keadaan yang mengancam jiwa. Pada keadaan biasa atau tidak mendesak, jasa-jasa penanganan keadaan darurat menyediakan nomor-nomor telepon biasa yang tercantum dalam buku telepon setempat.

Di Inggris, nomor 0845 46 47 juga bisa dihubungi untuk Jasa Pelayanan Kesehatan Nasional (National Health Service/NHS) yang bukan untuk penanganan keadaan darurat.

Panggilan untuk hal-hal biasa dan tidak mendesak, panggilan tentang hal-hal palsu atau iseng ke nomor telepon darurat mengganggu operator dan jasa-jasa penanganan keadaan darurat, menghabiskan waktu dan bisa menyebabkan kematian. Di beberapa negara, pelaporan keadaan darurat palsu ke nomor telepon darurat bisa dianggap sebagai suatu perbuatan kriminal dan pelaku bisa diadili dan dihukum.

Di Amerika Utara, 311 adalah nomor telepon keadaan mendesak yang bisa digunakan untuk menghubungi polisi atau jasa-jasa penanganan keadaan darurat lainnya. Nomor telepon keadaan mendesak ini juga bisa digunakan untuk melaporkan berbagai macam kejadian dan kejahatan pada masa lalu yang tidak membahayakan nyawa. Nomor telepon keadaan mendesak ini dibuat untuk mengurangi beban nomor telepon 911. Di beberapa kota 311 bisa untuk menghubungi beberapa jasa pelayanan pemerintahan daerah atau melaporkan listrik padam.

Nomor telepon darurat 112 adalah nomor telepon darurat untuk jaringan Global System Mobile (GSM) yaitu telepon bergerak selular. Nomor telepon darurat ini belum tentu tersedia pada jaringan telepon bergerak lainnya. Di Uni Eropa, nomor telepon 112 dipakai sebagai nomor telepon darurat di jaringan telepon tetap.

Konfigurasi dan Operasi

Nomor telepon darurat termasuk nomor istimewa dalam sistem penomoran telepon di suatu negara. Di masa lalu panggilan darurat selalu disalurkan melalui jaringan khusus tertentu. Di masa modern panggilan darurat biasanya dicampur dengan jaringan telepon biasa, tetapi panggilan darurat sering dapat melalui jaringan tertentu yang tidak bisa dilalui panggilan telepon biasa.

Biasanya dipastikan bahwa setiap panggilan ke nomor telepon darurat akan selalu mendapat jawaban dan tidak mengalami kegagalan/nada sibuk. Bisa juga diatur agar walaupun telepon pemanggil telah ditutup, tetapi saluran akan tetap tersambung sampai operator nomor telepon darurat memutuskan hubungan.

Panggilan nomor telepon darurat akan dijawab oleh seorang operator telepon atau orang yang telah dilatih secara khusus untuk menangani panggilan telepon darurat (dispatcher).

Kalau yang menerima dispatcher, maka setelah menentukan jenis keadaan darurat, maka dispatcher akan mengirimkan petunjuk ke kesatuan polisi, pemadam kebakaran, atau ambulans di lapangan untuk menuju lokasi penelepon.

Beberapa dispatcher telah dilatih untuk memberikan petunjuk/nasihat yang tepat kepada penelepon untuk mengatasi/mengurangi ancaman dari keadaan darurat, seperti pertolongan pertama pada kecelakaan, petunjuk cara pemberian pernapasan buatan.

Kalau yang menerima seorang operator telepon, maka setelah menentukan jenis keadaan darurat, sang operator akan meneruskan panggilan ke pihak kepolisian, pihak pemadam kebakaran atau pihak ambulans. Kalau suatu keadaan darurat memerlukan lebih dari satu layanan penanganan keadaan darurat, maka operator akan memilih salah satu yang paling diperlukan.

Di berbagai negara, penyelenggara jasa nomor telepon darurat bisa mengenali nomor telpon asal panggilan ke nomor telepon darurat. Hal ini dilakukan dengan memakai sistem penagihan telepon yang dipakai perusahaan telekomunikasi. Sekalipun nomor telepon tersebut tidak tercantum di buku telepon atau memakai sistem penutupan caller ID, tetapi nomor telepon asal panggilan tetap dapat diketahui dengan memakai sistem ini.

Jika dari nomor telepon tetap, maka dapat diketahui nama pemilik saluran telepon dan alamat. Jika dari nomor telepon bergerak atau nomor telepon bisnis, maka lokasi penelepon tidak dapat diketahui dengan segera, hanya alamat surat dari sang pemilik telepon selular.

Pada sistem nomor telepon darurat dengan teknologi maju, maka lokasi dari suatu telepon selular bergerak dapat diketahui dengan segera. Biasanya hal ini dicantumkan dalam peraturan telekomunikasi di suatu negara.

Sejarah

Tanggal 30 Juni 1937, nomor telepon darurat pertama di dunia (999) diresmikan di London, Inggris. Ketika nomor tersebut dihubungi sebuah bel akan berbunyi dan sebuah lampu merah akan berkedip-kedip untuk menarik perhatian operator. Secara perlahan-lahan nomor telepon darurat ini dikembangkan di berbagai wilayah di seluruh Inggris. Tahun 1960, nomor telepon darurat dapat dihubungi dari semua nomor telepon di Inggris.

Pada masa sistem pemanggilan telepon dengan pulsa atau “loop disconnect”, sengaja dipilih nomor telepon darurat yang susah untuk dipanggil secara tidak sengaja seperti nomor 999. Beberapa orang mengklaim telah membuat panggilan ke nomor darurat secara tidak sengaja pada sistem pulsa pada saat bekerja dengan kabel sambungan telepon tambahan. Hal ini menunjukkan kelemahan dari nomor telepon darurat 999 tersebut.

Pada masa modern, nomor telepon darurat sengaja dibuat gampang untuk dipanggil. Bahkan pada telepon selular, nomor telepon darurat bisa dipanggil dengan telepon selular yang papan tombolnya terkunci atau tanpa memakai kartu SIM.

Tahun 1959, nomor telepon darurat pertama di Amerika Utara (999) dipasang di Winnipeg, Manitoba, Canada dan diresmikan oleh Stephen Juba, walikota Winnipeg. Tahun 1972 untuk menyamakan nomor darurat di seluruh wilayah North American Numbering Plan (NANP), maka Kanada mengubah nomor telepon darurat menjadi 911. Beberapa pulau di wilayah Karibia masih memakai nomor telepon darurat 999.

Tahun 1968, nomor telepon darurat pertama di Amerika Serikat (911) dipasang di Alabama. Nomor darurat 911 baru terpasang di seluruh AS pada tahun 1970an.

Tahun 1928 di Perancis, operator telepon diharuskan menyalurkan panggilan darurat dari nomor telepon apapun, sekalipun jasa telpon ke nomor tersebut telah diputuskan. Tahun 1929 tersedia nomor telepon darurat (18) untuk pemadam kebakaran di Paris yang tersedia untuk 10.000 pelanggan. Nomor telepon darurat di Perancis baru tersebar luas pada tahun 1970an.

Tahun 1972 Conference of European Postal and Telecommunications (CEPT) merekomendasi penggunaan nomor telepon darurat 112. Tanggal 29 Juli 1991, Uni Eropa menetapkan nomor telepon darurat 112. Selain Uni Eropa nomor darurat 112 juga dipakai di banyak negara anggota CEPT.

Di beberapa negara seperti Inggris, Irlandia dan Indonesia, nomor darurat 112 dipakai bersama-sama dengan nomor darurat yang lain.

=========================================================================================================

Perusahaan Bus Pariwisata Suryaputra

PT. Suryaputra Adipradana (Bus Pariwisata Bandung dan Jakarta) didirikan pada tahun 1996 sebagai anak perusahaan dari PT. Suryaputra Sarana, authorized dealer Mitsubishi sejak tahun 1980. PT. Suryaputra Adipradana (Bus Pariwisata Bandung dan Jakarta) melayani jasa transportasi Bus Pariwisata diwilayah Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera, dengan armada 70+ unit dengan class berbeda setiap unit nya, yang terdiri dari Bus Besar (Bus Standard, Bus Deluxe, Bus Exekutive, dan Bus Premium), Bus medium (Bus Standard, Bus Deluxe, Bus Executive, dan Bus Premium), Bus mikro / van (Unit Standard dan Executive), Unit Commuter (Eksekutif), dan Avanza (New Avanza). Kehadiran armada bus pariwisata Suryaputra diharapkan dapat memfasilitasi pertumbuhan kebutuhan jasa transportasi pariwisata (Bus Pariwisata) di Indonesia pada umumnya, serta mendukung program pemerintah dalam memajukan sektor Pariwisata Nasional.

Manajemen Bus Pariwisata Suryaputra selalu menambah unit bus baru setiap tahun nya, dan selalu aktif secara internal dalam pelatihan crew, assisten, mekanik, dan team supporting lain demi menjaga pelayanan terbaik bagi pelanggan, dan hasil dari upaya tersebut PT Suryaputra Adipradana mendapat Piagam Penghargaan dari Kementerian Perhubungan sebagai Perusahaan Angkutan Bus Pariwisata dengan PELAYANAN TERBAIK Tahun 2013/2014.

Visi Misi

Suryaputra hadir untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi semua, kami berupaya untuk selalu meningkatkan kinerja kami, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, dengan mengedepankan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendaraan, demi menjaga Loyalitas Pelanggan dan Menciptakan Nilai tambah bagi Suryaputra dan Seluruh Pelanggannya.

Jangkauan Pelayanan

Armada (Bus pariwisata) \\”Kupu-kupu\\” kami terdiri dari sejumlah kendaraan ramah lingkungan yang telah memenuhi standar emisi Euro 3 dan telah dimodifikasi untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan Anda.

Perjalanan liburan maupun bisnis seharusnya merupakan perjalanan yang menyenangkan dan berkesan. Melakukan perjalanan bersama Suryaputra Adipradana (Bus Pariwisata Bandung dan Jakarta) dengan didukung oleh pengemudi dan awak bus yang berpengalaman dan membuat perjalanan anda menyenangkan dan berkesan. Selain kelengkapan fasilitas transportasi yang disediakan Suryaputra Adipradana (Bus Pariwisata Bandung dan Jakarta), kami juga menghadirkan berbagai kemudahan bagi anda melalui website kami. Berbagai fitur yang kami hadirkan antara lain :

  1. Reservasi by email, Anda hanya tinggal mengisi secara ringkas dan lengkap formulir reservasi kami, dan kami akan mempersiapkan.
  2. Informasi perjalanan ringkas dan semua armada Suryaputra Adipradana sebagai inspirasi anda.
  3. Testimonial dari klien-klien kami yang sangat puas dengan fasilitas dan perjalanan kami.

Dengan konsep \\”We Make Your Way\\” kami hadirkan berbagai kemudahan, fasilitas, dan pelayanan yang terbaik untuk Anda

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s